Profil

logo

CITA (Center for Indonesia Taxation Analysis) adalah lembaga yang bersifat independen dan diabdikan untuk mengarusutamakan isu-isu terkait kebijakan perpajakan. Didirikan pada tahun 2014, CITA juga didukung oleh para profesional dan pegiat muda dari berbagai profesi dan latar belakang yang memiliki minat terhadap kebijakan perpajakan.

Tujuan didirikannya CITA adalah sebagai pusat studi dan penelitian berkelanjutan mengenai kebijakan perpajakan dan atau yang berkaitan dengan kebijakan publik di bidang pengelolaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara sebagai sarana untuk berpartisipasi dalam pembangunan Indonesia yang lebih baik dan lebih berkeadilan, khususnya dalam pengambilan dan penerapan kebijakan-kebijakan perpajakan dan good governance. Untuk mencapai tujuannya, CITA juga bekerja sama dengan lembaga dan pihak lain yang memiliki kesamaan visi dan tujuan.

Kegiatan yang dilakukan antara lain:

  1. Melakukan penelitian mengenai kebijakan perpajakan yang diterapkan oleh Pemerintah dan melakukan studi melalui konsep dan prinsip-prinsip perpajakan yang berlaku secara internasional dan kesesuaian dengan filosofi Negara dan UUD 1945
  2. Mengadakan diskusi seminar dan forum di bidang kebijakan perpajakan nasional dan pengelolan Anggaran dan Belanja Negara (APBN) dalam rangka memberikan masukan pengambilan dan pengelolaan atau penerapan kebijakan yang baik.
  3. Membantu menciptakan kesadaran membayar pajak yang lebih baik melalui penyebarluasan pengetahuan perpajakan kepada masyarakat, partai politik, organisasi massa dan kalangan lainnya, serta turut mengkomunikasikan mengenai pentingnya pajak bagi pembiayaan Negara dan kelangsungan Negara.
  4. Membantu meningkatkan kesadaran Pemerintah mengenai pentingnya mengelola dan menggunakan uang pajak dengan baik dalam rangka menumbuhkan dan meningkatkan kepercayaan di kalangan masyarakat sebagai pembayar pajak.
  5. Bekerja sama dengan berbagai pihak mulai dari partai politik, pemerintah pusat atau pemerintah daerah berserta universitas atau lembaga pendidikan dan lembaga masyarakat lainnya dan memberikan pandangan, analisis, saran, berkaitan dengan tax legislation yang lebih baik.

 

CITA

“Untuk Kebijakan Pajak yang Berkeadilan”

“For A Better Indonesia Tax Policy”