Ekonomi Insani: Kritik Karl Polanyi terhadap Sistem Pasar Bebas

FacebookTwitterWhatsAppLineGoogle+

Ekonomi Insani: Kritik Karl Polanyi terhadap Sistem Pasar Bebas

Layout 1 Penulis : Justinus Prastowo

 Pengantar: B. Herry-Priyono

 ISBN 978-979-1260-36-7

 183 + xx hlm.; 14 x 20,3 cm.

 Tak ada pemikir yang begitu cermat memprediksi dampak merusak perekonomian pasar dan krisis sosial-ekonomi akibat Depresi Besar 1930an selain Karl Polanyi melalui karya besarnya The Great Transformation. Dan kini, di tengah krisis kapitalisme silih berganti dengan laju yang semakin cepat, analisa Polanyi menjadi kian relevan dan penting untuk ditengok kembali. Buku Justinus Prastowo ini menawarkan jalan masuk cemerlang ke arah itu. Bagi siapapun yang ingin mencari solusi alternatif atas bahaya yang ditimbulkan oleh kapital dan pasar tak terbendung terhadap demokrasi dan kehidupan masyarakat, buku ini wajib baca.

“Tema ‘ketercerabutan’ ekonomi dari masyarakat menjadi kian menarik hari ini. Krisis demi krisis dengan berbagai variasi persoalan dan pemicunya secara meyakinkan menunjukkan dinamika ekonomi tak lagi koheren dengan dinamika masyarakat. Buku ini berhasil menunjukkan dinamika ekonomi dan sosial tersebut, sekaligus menunjukkan urgensi ‘menanam kembali’ aktivitas ekonomi dalam dinamika sosial. Sudah pasti kita belum akan berakhir menghadapi gejolak ekonomi, sehingga buku ini masih akan terus relevan.”
— Dr. A. Prasetyantoko, PhD Ilmu Ekonomi dari Ecole Normale Superieure de Lyon, Perancis dan Dosen di Unika Atma Jaya, Jakarta.

Sumber : marjinkiri.com

Artikel Terkait

Terpopuler

More in Buku
Ketimpangan Pembangunan Indonesia Dari Berbagai Aspek
Pintar Menghitung Pajak: Profesi, Badan Usaha, & Peristiwa Khusus (Edisi Revisi)
Panduan Lengkap Pajak
Close